DESAIN DAN
PERANCANGAN
A.
ANALISIS
APLIKASI
1.
Deskripsi
Aplikasi
Aplikasi ini
merupakan suatu aplikasi multimedia sebagai media untuk pembelajaran geografi
dengan materi gempa yang diperuntukan untuk anak SMA ( sekolah Menegah Atas )
Aplikasi ini dirancang untukanak SMA yang usianya berkisar 16 sampai 17 tahun.
Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan tentang
konsep terjadinya gempa bumi .
Aplikasi ini
disajikan dengan obyek-obyek dari gambar serta animasi yang menarik agar dapat
menarik minat anak SMA serta menumbuhkembangkan imanijasi dan pengetahuan
tentang terjadinya gempa bumi. Gambaran gempa bumi dapat dilihat disajikan
dalam berbagai bentuk animasi grafis dan penambah video sehingga aplikasi ini
terlihat menarik dan afektif dalam penyampaian materi sehingga dapat menarik
perhatian peserta didik khususnya anak-anak SMA.
2.
Fungsional
Aplikasi
Aplikasi pembelajaran
ini memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Menyajikan
materi dasar berupa klasifikasi tentang gempa yang dimana melalui klasifikasi
tersebut peserta didik akan dikenalkan mengenai gempa yang terjadi di bumi.
2. Setiap
materi yang disajikan disertai dengan gambar dan animasi yang menarik yang
berkaitan dengan materi tersebut.
3.
Sasaran
Aplikasi
Sasaran aplikasi
ini ditunjukan sebagai sarana untuk pembelajaran Geografi dengan materi “Gempa”
yang diperlukan untuk anak SMA (Sekolah Menengah Atas). Aplikasi ini dirancang sedemikian
rupa sehingga tepat sasaran untuk anak SMA yang Usianya berkisar 16 Sampai 17
tahun
4. analisis Kebutuhan
Alat
penelitian yan dipergunakan dalam penyusunan Tugas Ahkir dibagi menjadi 2,
yaitu Hadware dan Software. Alat yang digunakan sebagai berikut.
1) Hardware
a. Seperangkat Laptop
dengan Spesifikasi :
Laptop
ACER Aspire E1-451G
Processor
: Intel®
i3-2350M
![](file:///C:\Users\TURKHA~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Memory : 4GB
Resolusi
: 1280 X 720 Pixels
Harddisk
: 500GB HDD
OS
: Microsoft Windows 8 Ultimate
b. CD Blank
c. Speaker
2)
Software
a.
Adobe
Flash CS3
Merupakan
software utama dalam pembuatan
aplikasi ini. Sofware ini dapat
menampilkan gabungan antara grafik, suara, teks, animasi yang akan disimpan
menjadi * fla
b.
Corel
draw 13
Digunakan
untuk membuat, mengedit, dan mengelola gambar yang berhubungan dengan aplikasi
ini.
c.
Adobe
Photoshop CS3
Digunakan
untuk menyunting dan menyempurnakan gambar yang sudah dihasilkan
dari corel draw 13 agar tampak lebih
menarik.
d.
Macromedia
flash 8
Digunakan untuk menampilkan
aplikasi
e.
Cool
Edit Pro 2.1
Aplikasi
ini digunakan untuk bisa merekam dan mengedit suara yang akan dimasukkan
kedalam project animasi pembelajaran.
f.
Flash
Player
Digunakan untuk melihat hasil
dari pembuatan aplikasi ini.
g.
Nero
Burning Room
Untuk memasukkan aplikasi ini
kedalam CD (compact disk)
PERANCANGAN
APLIKASI
Struktur Menu Utama
Struktur pada aplikasi multimedia ini terdiri dari
loading, intro, dan menu utama. Pada menu utama sendiri terdiri 1 menu utama dimana
di dalam menu utama tersebut terdapat 3 sub menu yang berisi bermacam-macam
klasifikasi tentang gempa bumi. Struktur menu tersebut menggunakan struktur
menu yang digambarkan dengan menggunakan table gambar seperti di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar