Senin, 28 April 2014

DESAIN PEMBELAJARAN




DESAIN DAN PERANCANGAN

A.    ANALISIS APLIKASI

1.      Deskripsi Aplikasi

Aplikasi ini merupakan suatu aplikasi multimedia sebagai media untuk pembelajaran geografi dengan materi gempa yang diperuntukan untuk anak SMA ( sekolah Menegah Atas ) Aplikasi ini dirancang untukanak SMA yang usianya berkisar 16 sampai 17 tahun. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan tentang konsep terjadinya gempa bumi .

Aplikasi ini disajikan dengan obyek-obyek dari gambar serta animasi yang menarik agar dapat menarik minat anak SMA serta menumbuhkembangkan imanijasi dan pengetahuan tentang terjadinya gempa bumi. Gambaran gempa bumi dapat dilihat disajikan dalam berbagai bentuk animasi grafis dan penambah video sehingga aplikasi ini terlihat menarik dan afektif dalam penyampaian materi sehingga dapat menarik perhatian peserta didik khususnya anak-anak SMA.

2.      Fungsional Aplikasi

Aplikasi pembelajaran ini memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Menyajikan materi dasar berupa klasifikasi tentang gempa yang dimana melalui klasifikasi tersebut peserta didik akan dikenalkan mengenai gempa yang terjadi di bumi.
2.      Setiap materi yang disajikan disertai dengan gambar dan animasi yang menarik yang berkaitan dengan materi tersebut.

3.      Sasaran Aplikasi
Sasaran aplikasi ini ditunjukan sebagai sarana untuk pembelajaran Geografi dengan materi “Gempa” yang diperlukan untuk anak SMA (Sekolah Menengah Atas). Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa sehingga tepat sasaran untuk anak SMA yang Usianya berkisar 16 Sampai 17 tahun
4. analisis Kebutuhan
Alat penelitian yan dipergunakan dalam penyusunan Tugas Ahkir dibagi menjadi 2, yaitu Hadware dan Software. Alat yang digunakan sebagai berikut.
1) Hardware
a. Seperangkat Laptop dengan Spesifikasi :
Laptop ACER Aspire E1-451G
Processor : Intel®  i3-2350M
  Memory : 4GB
Resolusi : 1280 X 720 Pixels
Harddisk : 500GB HDD
OS : Microsoft Windows 8 Ultimate
b. CD Blank
c. Speaker

2)      Software

a.       Adobe Flash CS3
Merupakan software utama dalam pembuatan aplikasi ini. Sofware ini dapat menampilkan gabungan antara grafik, suara, teks, animasi yang akan disimpan menjadi * fla

b.      Corel draw 13
Digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengelola gambar yang berhubungan dengan aplikasi ini.

c.       Adobe Photoshop CS3
Digunakan untuk menyunting dan menyempurnakan gambar yang sudah dihasilkan dari corel draw 13 agar tampak  lebih menarik.

d.      Macromedia flash 8
Digunakan untuk menampilkan aplikasi
e.       Cool Edit Pro 2.1
Aplikasi ini digunakan untuk bisa merekam dan mengedit suara yang akan dimasukkan kedalam project animasi pembelajaran.

f.       Flash Player
Digunakan untuk melihat hasil dari pembuatan aplikasi ini.
g.      Nero Burning Room
Untuk memasukkan aplikasi ini kedalam CD (compact disk)

      PERANCANGAN APLIKASI
Struktur Menu Utama
Struktur  pada aplikasi multimedia ini terdiri dari loading, intro, dan menu utama. Pada menu utama sendiri terdiri 1 menu utama dimana di dalam menu utama tersebut terdapat 3 sub menu yang berisi bermacam-macam klasifikasi tentang gempa bumi. Struktur menu tersebut menggunakan struktur menu yang digambarkan dengan menggunakan table gambar seperti di bawah ini.























 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar